Abstrak


Pembuatan 3d Virtual Reality : Virtual Museum Keraton Kasunanan Surakarta Ruang Pamer Delapan Menggunakan Unity 3d Game Engine Berbasis Android


Oleh :
Sela Naufal Linda - M3114131 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Museum Keraton Kasunanan Surakarta merupakan sebuah museum yang menyimpan barang-barang pusaka. Dimana museum ini terletak pada  pusat kota Solo, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Museum Keraton Kasunanan ini selain digunakan sebagai objek wisata yang menarik, juga merupakan sebuah museum yang memberi kita pengetahuan akan jaman dahulu kala dimana Kota Solo masih terdiri dari sebuah kerajaan. Berbagai macam pusaka dipamerkan dalam museum ini. Contohnya adalah pada ruang pamer delapan, disini terdapat pusaka yang digunakan pada “Perang Diponegoro”. Selain adanya pusaka yang dipamerkan, terdapat pula diorama yang menggambarkan perang pada masa itu.
Oleh karena itu dibuatlah aplikasi Virtual Reality Museum Keraton Kasunanan Surakarta Ruang Pamer Delapan berbasis android dengan menggunakan Unity Game Engine sebagai tools dalam pengembangan aplikasi ini. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan penjelasan secara singkat mengenai Museum Keraton Kasunanan Surakarta. dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar dapat melihat kejadian pada masa lampau di Kota Solo.
Kata Kunci : Museum, Keraton, Android, Unity 3D, Virtual Reality