Abstrak


Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Mobile Android


Oleh :
Itsnaini Sahidatun Sholichah - M3114085 - Fak. MIPA

ABSTRAK
    Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an dan merupakan bahasa umat islam. Tetapi masih jarang dari umat islam sendiri yang mempelajari bahasa ini. Selain karena jarang dari sekolah – sekolah yang mengajarkan bahasa ini, mereka merasa belajar bahasa arab susah dan sulit dipahami.  Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini yaitu smartphone berbasis android yang merupakan pegembangan teknologi handphone dengan sistem operasi berbasis open source . Dalam pembelajaran bahasa arab dapat lebih dipermudah, dipelajari kapan saja dan dimana saja.    
    Aplikasi pembelajaran bahasa arab yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman JAVA dengan menggunakan software Android Studio dan pembuatan aplikasi ini menggunakan metode studi pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan   hasil dari tugas akhir ini adalah aplikasi sebagai media alternatif pembelajaran bahasa arab berbasis android yang dapat menjadi media untuk belajar bahasa arab dengan menarik dan mudah dalam penggunaanya. Aplikasi pembelajaran Bahasa Arab ini terdiri dari belajar percakapan  dan belajar mufrodat / kosakata.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab, Android