Abstrak


Kajian Pengaruh Variasi Komposisi Silica Fume terhadap Parameter Beton Memadat Mandiri dengan Kuat Tekan Beton Mutu Tinggi


Oleh :
Sherli Pramudhita Hapsari - I0113121 - Fak. Teknik

ABSTRAK

 

Perkembangan dunia konstruksi saat ini sangatlah pesat, hal ini sejalan dengan bertambahnya  jumlah  penduduk  yang  ada  di  dunia.  Beton  mutu  tinggi  yang mampu memadat mandiri (high strength self compacting concrete-HSSCC) merupakan salah satu inovasi beton yang dapat diaplikasikan pada banyak pekerjaan konstruksi. Penambahan silica fume yang memiliki butiran lebih halus jika dibandingkan dengan semen bertujuan untuk meningkatkan kuat tekan, sedangkan superplasticizer jenis Viscocrete 1003 digunakan untuk memberikan workabilitas yang baik pada beton. Nilai w/b pada penelitian ini dijaga konstan sebesar 0,27, kadar superplasticizer adalah 1,7%, dan variasi kadar silica fume sebesar 0%, 8%, 9%, 10?n 11%.

Pengujian beton segar dilakukan dengan 3 metode, yaitu flow table test untuk mengetahui parameter fillingability, l-box test untuk mengetahui parameter passingability, dan v-funnel test untuk mengetahui fillingability serta segregation resistance. Untuk mengetahui kuat tekan dari beton keras digunakan pengujian dengan compression testing machine (CTM).

Dari hasil pengujian tersebut, silica fume dengan kadar 8% memberikan hasil terbaik yang mana memenuhi seluruh parameter SCC. Semakin tinggi kadar silica fume maka workabilitas beton semakin berkurang. Hal ini terjadi karena sifat silica fume yang menyerap air. Pengujian beton keras dilakukan pada umur 14 hari dan 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat tekan maksimum terjadi pada penambahan silica fume sebesar 9% yang memiliki kuat tekan sebesar
76,02 MPa. Sedangkan dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kuat tekan optimum terjadi pada kadar silica fume sebesar 9,34%.

 

Kata Kunci  :  Silica fume, beton memadat mandiri, beton mutu tinggi.