Abstrak


Perbedaan Status Gizi pada Anak Dengan Penyakit Jantung Bawaan Asianotik Sebelum dan Sesudah Intervensi Kateterisasi Jantung di Rsud dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Mylco Trisaputra Ahmadwirawan - G0014169 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Pendahuluan: Pada anak dengan penyakit jantung bawaan terjadi gangguan hemodinamik yang dapat menyebabkan timbulnya malnutrisi. Kejadian malnutrisi pada anak dapat menyebabkan masalah tumbuh kembang. Tatalaksana penyakit jantung  bawaan  asianotik  berupa  intervensi  kateterisasi  jantung  dapat memperbaiki  gangguan  hemodinamik sehingga  diharapkan dapat memperbaiki status gizi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan status gizi pada anak dengan penyakit jantung bawaan asianotik sebelum dan sesudah intervensi kateterisasi jantung di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik cross sectional dengan menggunakan data rekam medis. Subyek dalam penelitian ini adalah anak penderita penyakit jantung bawaan asianotik yang dilakukan tindakan kateterisasi jantung di RSUD Dr. Moewardi dalam periode waktu   2014-2016. Data yang diteliti berupa status gizi sebelum intervensi dan setiap bulan sesudah intervensi selama enam bulan. Untuk mengetahui perbedaan status gizi dari sebelum intervensi ke tiap waktu pengukuran secara statistik dilakukan dengan wilcoxon signed rank test. Untuk mengetahui hubungan (independensi) antara variabel perancu dengan perubahan status gizi dilakukan uji chi square test. Khusus untuk hubungan variabel perancu berupa lama diagnosis dianalisis dengan independent samples t test. Selain itu untuk mengetahui faktor paling dominan yang mempengaruhi variabel terikat digunakan uji multivariat berupa regresi logistik.

Hasil: Dari hasil uji wilcoxon signed rank terdapat perbedaan status gizi yang signifikan (p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>

Kesimpulan: Terdapat perbedaan status gizi yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi, mengindikasikan adanya perbaikan status gizi dengan adanya intervensi kateterisasi jantung.

Kata Kunci: status gizi, penyakit jantung bawaan, intervensi kateterisasi jantung