Abstrak


Hubungan Intensitas Olahraga dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Preklinik Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Jesslyn Valentina - G0014128 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang: Salah satu faktor yang berperan penting terhadap kualitas tidur seseorang adalah olahraga. Olahraga memiliki beberapa komponen dan salah satunya adalah intensitas. Walaupun pengetahuan mahasiswa kedokteran mengenai manfaat olahraga cukup tinggi, partisipasi mereka dalam melakukan aktivitas fisik terutama olahraga tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas olahraga dengan kualitas tidur mahasiswa preklinik Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terlebih dahulu pada kuesioner Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42), intensitas olahraga, dan pittsburgh sleep quality index (PSQI). Subjek penelitian adalah mahasiswa laki-laki semester tiga dan lima Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Subjek diambil secara total sampling pada bulan September 2017. Total subjek penelitian terdiri dari 22 mahasiswa semester tiga dan 22 mahasiswa semester lima.  Data intensitas olahraga diperoleh dari kuesioner intensitas olahraga dan data kualitas tidur diperoleh dari kuesioner PSQI. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.
Hasil: Dari 44 subjek penelitian yang diteliti, subjek penelitian dengan intensitas olahraga rendah (tinggi = skor 45-60, sedang = skor 30-44, rendah = skor <30 xss=removed xss=removed>5). Subjek penelitian dengan intensitas olahraga sedang mempunyai rata-rata kualitas tidur buruk dengan skor = 7,55). Sedangkan subjek penelitian dengan intensitas olahraga tinggi mempunyai kualitas tidur baik (skor = 4,92). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa p=0,000 dan hubungan kedua variabel memiliki hubungan kuat pada taraf signifikansi 0,01 (r = -0,652).

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas olahraga dengan kualitas tidur pada mahasiswa preklinik program studi kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
    
Kata Kunci : intensitas olahraga, kualitas tidur, mahasiswa preklinik