Abstrak


Pengembangan Pariwisata Di Taman Satwa Taru Jurug Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan


Oleh :
Martha Ayu Puspitasari - D0113059 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Terkait dengan sektor pariwisata, Kota Surakarta memiliki tempat pelestarian flora dan fauna yang dipandang penting keberadaannya yaitu Taman Satwa Taru Jurug. TSTJ tengah mengalami perbaikan, terwujud dari upaya pengembangan yang sedang dilakukan saat ini. Akan tetapi, masih terdapat beberapa permasalahan, antara lain: kurang lengkapnya koleksi satwa; terbatasnya toilet dan tempat beristirahat maupun berteduh; masih terdapat kandang yang tidak sesuai dengan kaidah konservasi hewan dan tidak terawat; sebagian jalan akses di dalam kawasan obyek wisata masih kurang baik; serta masih banyaknya sampah yang berserakan di obyek wisata TSTJ.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Perusda TSTJ. Peneliti menggunakan teori pengembangan pariwisata yang dikemukakan oleh Robert Christie Mill dengan empat indikator: analisa pasar, analisa teknik dan perencanaan, analisa sosio-ekonomi, serta analisa bisnis dan hukum. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling. Dalam mengukur validitas data, digunakan trianggulasi metodologis. Sementara, untuk teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Perusda TSTJ kurang baik. Keempat indikator yang digunakan yakni analisa pasar, analisa teknik dan perencanaan, analisa sosioekonomi, analisa bisnis dan hukum sebagian sudah dilakukan oleh Perusda TSTJ. Akan tetapi, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditambahkan sebagai upaya pengembangan pariwisata. Dengan adanya pengembangan pariwisata yang baik secara otomatis akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Hal tersebut perlu untuk diperhatikan lebih lagi bagi pengelola obyek wisata yaitu Perusahaan Daerah di TSTJ agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Kata kunci: Pengembangan Pariwisata, Taman Satwa Taru Jurug