Abstrak


Inovasi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Boyolali


Oleh :
Nur Azizah - D0113071 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pelayanan publik menjadi isu yang mendapat perhatian dari pemerintah. Masih banyak permasalahan yang terjadi di dalam penyelenggaraan pelayanan publik saat ini khususnya pelayanan perizinan. Untuk memperbaiki penyelenggaraan pelayanan dapat dilakukan dengan inovasi pelayanan publik. Boyolali khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Boyolali memiliki pelayanan publik yang baik hal ini ditunjukkan dengan mendapat penghargaan juara tiga nasional pelayanan terpadu satu pintu. Selain itu, dengan adanya penghargaan DPMPTSP Kabupaten Boyolali yang masuk ke dalam TOP 99 inovasi pelayanan publik menunjukkan bahwa DPMPTSP Kabupaten Boyolali telah melakukan inovasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui inovasi penyelenggaraan pelayanan perizinan di DPMPTSP Kabupaten Boyolali dan faktor-faktor pendukung serta penghambat inovasi-inovasi tersebut.
Penelitian ini dilakukan di DPMPTSP Kabupaten Boyolali dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara langsung, observasi dan studi dokumen. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive dikombinasikan dengan snowball. Untuk memenuhi reabilitas dan validitas data digunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Analisis Interaktif (Miles-Huberman)
Hasil penelitian ini yaitu inovasi yang ada didalam penyelenggaran perizinan DPMPTSP Kabupaten Boyolali adalah Perizinan Paralel, Perizinan Online, QR Code, Sms Gateway, Gis Survey, Peta Potensi Investasi, E-document dan Touchscreen Informasi Perizinan. Jenis inovasi dilihat dari tipologi inovasi, Perizinan Paralel merupakan inovasi proses pelayanan. Perizinan Online, QR Code, Sms Gateway, Gis Survey, Peta Potensi Investasi dan E-document masuk kedalam inovasi metode pelayanan. Touchscreen informasi perizinan masuk ke dalam inovasi produk pelayanan. Dilhat dari level inovasi, semua inovasi DPMPTSP masuk kedalam inovasi inkremental. Dilihat dari kategori inovasi, semua inovasi DPMPTSP Kabupaten Boyolali masuk ke dalam sustaining innovation. Disamping itu, didalam pelaksanaan inovasi terdapat faktor yang mempengaruhi inovasi dilihat dari tingkat lingkungan, tingkat organisasi, karakteristik inovasi dan tingkat individu dimana faktor-faktor tersebut dapat mendukung maupun menghambat pelaksanaan inovasi penyelenggaraan pelayanan perizinan di DPMPTSP Kabupaten Boyolali.
Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Perizinan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu