Abstrak


Penggunaan Website pada Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret untuk Meningkatkan Informasi Perbankan bagi Nasabah Bank Mini


Oleh :
Agi Wishang Prasetyo - K7413006 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan informasi perbankan bagi nasabah bank mini melalui penggunaan website pada Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah nasabah Bank Mini Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pengumpulan data untuk informasi perbankan menggunakan teknik observasi terhadap visitor counter website dan angket. Pengujian validitas instrumen menggunakan validitas isi dan reliabilitas menggunakan teknik Kuder and Richardson Formula 20 (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website dapat meningkatkan informasi perbankan bagi nasabah bank mini pada Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil perolehan data angket pada siklus I sebesar 75,26?n meningkat pada siklus II menjadi 85,42%. Demikian juga dengan hasil observasi terhadap jumlah pengunjung website pada siklus I sebesar 98 orang dan meningkat pada siklus II menjadi 111 orang.

Kata Kunci : Website, informasi perbankan, Laboratorium Perbankan