Abstrak


Hubungan Antara Interaksi Sosial Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Anjani Fitriana Rohmah - K7115017 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi positif antara interaksi sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2018/2019.
Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas III SDN se-Kecamatan Kebumen yang menggunakan KTSP pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 1.351 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu 309 siswa kelas III pada 12 SDN dari 53 SDN di Kecamatan Kebumen yang diambil secara acak dengan teknik pengambilan cluster random sampling menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 18. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian correlational (korelasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Angket digunakan untuk pengumpulan data penelitian pada variabel bebas yaitu interaksi sosial, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data pada variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 18. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dan hasil belajar IPS dengan nilai signifikansi 0,000 < 0>Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara interaksi sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: interaksi sosial, hasil belajar, IPS