Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Strategi Menulis Terbimbing Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Siti Zaenab - K7115163 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa; (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa melalui strategi menulis terbimbing; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SD Negeri Sidorejo tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sidorejo. Sumber data penelitian ini yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi menulis terbimbing dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) persiapan, (b) penyusunan draf kasar, (c) perbaikan, (d) penyuntingan, dan (e) publikasi; (2) penerapan strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III SD Negeri Sidorejo tahun ajaran 2018/2019 dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 63,95%, pada siklus II meningkat menjadi 84,96%, dan pada siklus III meningkat menjadi 95,24%; (3) kendala-kendala yang ditemukan selama pembelajaran meliputi: (a) kurangnya partisipasi semua anggota kelompok dalam berdiskusi, (b) kurangnya percaya diri siswa dalam mempublikasikan karangannya, dan (c) tulisan siswa kelas III yang belum rapi dengan ini solusi yang dapat dilakukan guru adalah (a) saat berdiskusi guru menekankan bahwa semua anggota kelompok harus berpartisipasi untuk mendapatkan nilainya, (b) guru meningkatkan intensitas pelatihan dan bimbingan kepada siswa dalam mempublikasikan karangannya serta memberikan tanggapan, dan (c) guru mengarahkan dan menjelaskan kembali penulisan huruf dan kata yang tepat.
Simpulan penelitian ini adalah strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III SD Negeri Sidorejo tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: strategi menulis terbimbing; menulis karangan; kelas III SD