Abstrak


Perbedaan Kreativitas Antara Peserta Didik SMA dengan SMK di Kecamatan Pati Kabupaten Pati


Oleh :
Feri Tri Wibowo - K3110029 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kreativitas peserta didik SMAN 2 Pati; (2) tingkat kreativitas peserta didik SMKN 2 Pati; dan (3) Perbedaan kreativitas antara peserta didik SMAN 2 Pati dan SMKN 2 Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMAN 2 Pati dan SMKN 2 Pati tahun pelajaran 2016/2017. Sampel/responden penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Pati sejumlah 40 orang dan peserta didik SMKN 2 Pati sejumlah 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel yang disesuaikan dengan jumlah peserta didik tiap-tiap kompetensi keahlian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kreativitas verbal yang telah terstandarisasi validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini yang bersifat empirik dianalisis secara statistik dengan uji t test  melalui aplikasi SPSS Statsitics 21 dengan tingkat signifikansi 0,05 atau 5%.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata tingkat kemampuan kreativitas verbal   peserta didik     SMAN 2 Pati tergolong sedang dan terbagi menjadi  tiga  tingkatan, yakni: 9 responden  (22,5%)  tergolong dalam kategori tinggi, 24  responden  (60,0%) sedang, dan 7 responden (17,5%) rendah; (2) rata- rata tingkat kemampuan kreativitas verbal  peserta didik   SMKN 2 Pati tergolong sedang dan terbagai menjadi   tiga   tingkatan, yakni: 11 responden   (18,33%) tergolong dalam kategori  tinggi, 41 responden (68,33%) sedang, dan 8 responden (13,34%)  rendah;  (3)  Ada  perbedaan  tingkat  kreativitas  antara  peserta  didik SMAN 2 Pati dan SMKN 2 Pati, yang ditunjukkan besarnya p value (sig) 0.000 < 0>.

Kata Kunci : Kreativitas, Peserta didik, SMA, SMK