Abstrak


Faktor Terkait Kejadian Infeksi Multidrug-Resistant Organisms Enterobacteriaceae Pasien Intensive Care Unit RSUD Dr. Moewardi Tahun 2015


Oleh :
Dyah Candra Dewi Subagyo - G0013079 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

 

Latar Belakang:       Infeksi       Multidrug-resistant       organisms       (MDRO) Enterobacteriaceae banyak terjadi pada pasien intensive care unit (ICU). Infeksi ini berhubungan   dengan  berbagai  dampak  negatif  seperti  meningkatnya   angka kejadian  infeksi,  meningkatnya  lama  perawatan,  meningkatnya  beban  ekonomi yang harus ditanggung oleh pasien, dan meningkatnya mortalitas dan morbiditas. Penelitian  ini bertujuan untuk menentukan  faktor yang terkait dengan kejadian infeksi Enterobacteriaceae MDRO.

 

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kasus kontrol. Penelitian dilakukan di RSUD Dr. Moewardi pada November-Desember  2016. Pasien yang diikutsertakan dalam penelitian adalah seluruh pasien ICU RSUD Dr. Moewardi periode Januari-Desember 2015 yang positif terinfeksi Enterobacteriaceae MDRO. Data mengenai faktor yang diduga terkait dengan kejadian infeksi Enterobacteriaceae MDRO diambil dari rekam medis.

 

Hasil Penelitian: Dari 62 pasien, sebanyak 42 (67,70%) pasien positif terinfeksi

Enterobacteriaceae MDRO. Penggunaan NGT (OR = 5,62, p = 0,017, 95% IK =

1,36-23,29)     merupakan     faktor    yang    terkait    dengan    kejadian    infeksi

Enterobacteriaceae MDRO dalam analisis multivariat.

 

Simpulan:    Penggunaan    NGT    memiliki    kaitan    dengan    kejadian    infeksi

Enterobacteriaceae MDRO.

 

Kata Kunci: Infeksi Enterobacteriaceae MDRO, ICU, NGT