Abstrak


Pengaruh Edukasi Diabetes Mellitus Prolanis terhadap Perubahan Perilaku Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Avicena Hafsah Pradnyaparamita - G0013050 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang : Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolisme yang sering dijumpai di masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Karanganyar. Komplikasi yang mengancam jiwa dapat diminimalisir dengan Program Penanganan Penyakit Kronis (Prolanis). Harapannya ialah perubahan perilaku penderita DM untuk meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh edukasi DM prolanis terhadap perubahan perilaku penderita DM Tipe 2 di Puskesmas Kabupaten Karanganyar.

Metode : Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan metode cohort prospective. Lokasi yang digunakan di Puskesmas Kabupaten Karanganyar yang dilakukan multi stage sampling (stratified, cluster random, dan simple random sampling) yang akhirnya menggunakan 4 puskesmas yaitu Puskesmas Gondangrejo, Jaten II, Tasikmadu, dan Colomadu I untuk memenuhi jumlah sampel yaitu 82 orang teredukasi di prolanis dan 82 orang tidak teredukasi di prolanis. Pengambilan sampel pertama selama 4 minggu dan pengambilan sampel kedua 1 minggu yang dilakukan dengan cara consecutive sampling di poli umum puskesmas dan  simple random sampling di prolanis serta home visit. Sampel diwawancara dengan kuisioner karakteristik responden, MDQ II dan III, serta kuisioner tindakan DM tipe 2. Variabel bebas yaitu edukasi DM, variabel terikat yaitu perubahan perilaku (sikap dan tindakan). Variabel pemodifier yang diteliti meliputi usia, pendidikan, pekerjaan, frekuensi prolanis, lama DM, jarak rumah ke puskesmas, media edukasi, sumber informasi lainnya, dan dukungan sosial.  Data dianalisa dengan uji t independent, Chi Square, Mann-Whitney, Wilcoxon, Kruskal-Wallis, Spearman correlation, dan Generalized Poisson Regression (?=0,05).

Hasil : Hasil uji Mann-Whitney didapatkan perbedaan yang bermakna pada kedua kelompok baik dari sikap, tindakan, dan dukungan sosial p<0>

Simpulan : Edukasi DM Prolanis membuktikan adanya perubahan perilaku (sikap dan tindakan) pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Kabupaten Karanganyar.


Kata Kunci : edukasi, prolanis, perubahan perilaku.