Abstrak


Serat Candrasangkala Mawi Rapal Makna Rasa Sarengat (Suatu Tinjauan Filologis)


Oleh :
Etika Nurfauzi Rakhma - C0110028 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana suntingan teks dari naskah Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat yang bersih dari kesalahan? (2) apa makna dan ajaran tasawuf   yang terkandung di dalam Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat yang bersih dari kesalahan. (2) mengungkapkan makna dan ajaran tasawuf yang terkandung di dalam Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Perpustakaan Sasana Pustaka  Keraton Surakarta, sedangkan data dalam penelitian ini adalah naskah dan teks Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat. Teknik pengumpulan data melalui tahap inventarisasi, teknik reproduksi yaitu dengan teknik fotografi digital.
Teknik analisis data melalui deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks yang dilengkapi aparat kritik dan terjemahan. Kajian isi dilakukan dengan mengungkapkan  isi  yang  terkandung  di  dalam  Sêrat  Candrasangkala  mawi Rapal Makna Rasa Saréngat.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat dengan nomor katalog lokal 499 ra yang tersimpan di Perpustakaan Sasana Pustaka Keraton Surakarta merupakan naskah tunggal. Berdasarkan kajian filologis yang meliputi inventarisasi, deskripsi naskah, kritiks teks, aparat kritik, transliterasi dan suntingan teks di dalamnya ditemukan varian penulisan  seperti  lakuna,  adisi,  hiperkorek,  korup,  dan  ketidakkonsistenan penulis dalam menggunakan huruf atau aksara. Setelah melewati cara kerja filologi, maka dihasilkan teks Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat yang bersih dari kesalahan dan diyakini paling mendekati aslinya serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. (2) Isi yang terkandung dalam Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa Saréngat adalah naskah yang berisi tentang tasawuf dan berisi tentang sifat (hitungan angka dalam sengkalan) yang dihubungkan dengan kehidupan.

Kata Kunci : Naskah, filologi, Sêrat Candrasangkala mawi Rapal Makna Rasa
Saréngat