Abstrak


Implementasi Strategi Komunikasi Aisas dalam Membangun Brand Awareness Sapa Kopi (Studi Kasus Mengenai Strategi Komunikasi Aisas dalam Membangun Brand Awareness Sapa Kopi Berbasis Akun Sosial Media Instagram Tahun 2019)


Oleh :
Anindita Larasati - D0215014 - Fak. ISIP

Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam dunia bisnis semakin cepat. Media sosial menjadi salah satu wadah yang digunakan pebisnis dalam melakukan strategi pemasaran mereka, salah satunya dalam bisnis coffee shop. Sapa Kopi sadar bahwa ditengah persaingan tentang rasa semakin ketat, sajian visual yang menarik dapat menjadi poin penentu bagi konsumen. Instagram menjadi salah satu platform media untuk mencapai tujuan strategi komunikasi Sapa Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana implementasi strategi AISAS yang dilakukan Sapa Kopi dalam upaya membangun brand awareness berbasis akun sosial media Instagram.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Studi Kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model AISAS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kali ini menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap informan yaitu owner dari Sapa Kopi, social media marketing, dan konsumen yang telah ditentukan. Hasil penelitian diuji dengan teknik triangulasi dan diuji secara kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media sosial Instagram dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi masyarakat dalam mengenal suatu produk. Sapa Kopi telah menerapkan model AISAS pada setiap tahapannya sebagai strategi untuk membangun brand awareness dari masyarakat. Respon yang di dapatkan dari konsumen mengenai hasil dari strategi yang telah dilakukan juga bervariatif.

Kata – kata kunci : AISAS, brand awareness, Instagram, coffee shop.