Abstrak


Hubungan Status Gizi dan Masa Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Pekerja Wanita Cv. Maju Abadi Garment Sukoharjo


Oleh :
Ayu Tiara Anggreany - R0213015 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar  Belakang  :  Perbaikan  status  gizi  pada  pekerja  wanita  usia  subur mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan produktivitas kerja. Faktor penting lainnya yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan salah satunya  adalah masa kerja.  Berdasarkan  survey awal  bagian  sewing,  rata-rata status gizi pekerja gemuk, 8 pekerja tidak dapat memenuhi target produksi yang ditentukan perusahaan dan 58% pekerja merupakan masa kerja baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan masa kerja terhadap produktivitas kerja.

Metode  :  Penelitian  dilakukan  menggunakan  metode  observasional  analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Sampel diambil melalui kriteria inklusi dan eksklusi dan menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan 45 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat timbangan badan dan mikrotoa untuk mengukur status gizi berdasarkan IMT, serta lembar observasional untuk pencatatan  masa  kerja  dan  produktivitas  kerja.  Teknik  analisis  data yang digunakan pada analisis bivariat adalah uji Korelasi Pearson serta pada analisis multivariat adalah uji statistik Regresi Linier menggunakan SPSS Versi 16.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dan masa kerja dengan produktivitas kerja dengan p value = 0.001 dan R2 = 0,296 dan nilai koefisien korelasi yaitu 0,401. Pada uji statistik regresi linier menunjukkan variabel masa kerja adalah variabel yang paling berhubungan.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]-->Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dan masa kerja dengan produktivitas kerja pada pekerja wanita CV. Maju Abadi Garment, Sukoharjo.

Kata Kunci : Status Gizi, Masa Kerja, Produktivitas Kerja, Pekerja Garmen