Abstrak


Kunci Pintu Otomatis menggunakan RFID & Modemcu ESP8266 dengan Antarmuka Web


Oleh :
Lutfi Firdaus Maulana - M3116042 - Fak. MIPA

Dalam era globalisasi dan teknologi dewasa ini, penggunaan komputer sebagai salah satu alat teknologi informasi sangat dibutuhkan keberadaannya hampir disetiap aspek kehidupan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung manajemen dan pengolahan data adalah sangat tepat dengan mempertimbangkan kuantitas dan kualitas data, dengan demikian penggunaan perangkat komputer dalam setiap informasi sangat mendukung dalam sistem pengambilan keputusan. Perkembangan seperti itu terjadi hampir di semua bidang teknologi, termasuk dalam bidang keamanan atau security.  
Metodologi yang dilakukan dalam pembuatan produk ini adalah waterfall. Proses pembuatan produk dilakukan dengan membuat rancangan alur dari sistem monitoring dan rangkaian alat kunci pintu otomatis RFID. Kemudian dilakukan perangkaian alat kunci pintu otomatis RFID yang terdiri dari yaitu RFID MFRC522, Nodemcu ESP8266, dan Relay 1 channel. Dan dilanjutkan membuat sistem monitoring sesuai dengan perancangan. Menghubungkan proses berjalannya sistem monitoring dengan rangkaian alat kunci pintu otomatis RFID dan memastikan kedua rancangan tersebut dapat berjalan dengan baik.
Produk yang akan dihasilkan merupakan sebuah sistem monitoring yang digunakan untuk mengontrol kunci pintu dengan RFID sebagai pemberi akses. Pada saat terdapat kartu tag RFID yang di scan, maka akan memberi perintah ke Nodemcu ESP8266 untuk mengirimkan data id kartu RFID menuju ke web. Data id kartu RFID akan di cek, apabila id kartu RFID terdaftar dalam tabel yang didalam tabel web maka dapat melakukan akses pintu dengan pintu otomatis terbuka kuncinya. Sedangkan jika id kartu RFID tidak terdaftar di web maka tidak mendapatkan akses untuk membuka pintu.

Kata kunci : RFID, Nodemcu ESP8266, Relay