;

Abstrak


Tingkat kesesuaian antara pemeriksaan egfr sampel plasma darah (ctDNA) dengan sampel sitologi/histopatologi pada kanker paru jenis adenokarsinoma


Oleh :
Dian Utami Wulaningrum - S601502001 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Kanker paru adenokarsinoma sering ditemukan pada stadium lanjut dengan sampel sitology/histopatologi seringkali tidak tersedia. Pemeriksaan mutasi EGFR sampel plasma darah ctDNA pengambilan sampel lebih sederhana dan nyaman, serta dapat digunakan sebagai marker prediktif dan prognostik pada pasien kanker paru karsinoma bukan sel kecil. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis derajat kesesuaian antara pemeriksaan mutasi EGFR dengan sampel plasma darah (ctDNA) dengan pemeriksaan mutasi EGFR sampel sitologi/histopatologi pada kanker paru jenis adenokarsinoma.
Metode: Penelitian uji diagnostik, dengan pengambilan data rekam medis pasien kanker paru adenokarsinoma Januari sampai dengan September 2019 di RSUD Dr. Moewardi Surakarta yang dilakukan pemeriksaan mutasi EGFR sampel sitology/histopatologi dan ctDNA.
Hasil:.Subjek pada penelitian ini ada 73 pasien kanker paru adenokarsinoma. Tingkat kesesuaian ctDNA dengan mutasi EGFR sampel sitologi/histopatologi dalam kategori sedang dan signifikan secara statistik (Kappa =0,459; p = 0,000)
Kesimpulan: Tingkat kesesuaian antara pemeriksaan mutasi EGFR dengan sampel plasma darah (ctDNA) dengan pemeriksaan mutasi EGFR sampel sitologi/histopatologi dalam kategori sedang dan signifikan secara statistik.
Kata kunci: kanker paru, adenokarsinoma, EGFR, ctDNA