Abstrak


Sistem informasi pengajuan magang mahasiswa berbasis website menggunakan framework codeigniter (studi kasus : fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam UNS)


Oleh :
Rizqi Ilayya Firdaus - M3114128 - Fak. MIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau FMIPA merupakan salah satu fakultas di Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta. Fakultas MIPA memiliki salah satu mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa, yakni kegiatan magang mahasiswa. Selama ini kegiatan magang mahasiswa hanya didokumentasikan di tingkat program studi, sehingga tingkat fakultas tidak memiliki data mengenai kegiatan magang mahasiswa di setiap program studi, akibatnya jika terjadi masalah yang berkaitan dengan mahasiswa selama kegiatan magang maka fakultas tidak akan tahu. Solusi yang diberikan untuk masalah tersebut ialah dibuatnya sistem informasi kegiatan magang mahasiswa guna membantu pihak fakultas dalam mengetahui catatan dari setiap mahasiswa yang melakukan kegiatan magang, mulai dari keahlian mahasiswa dan jumlah mahasiswa hingga instansi-instansi yang menjadi tujuan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan magang khususnya mahasiswa fakultas MIPA UNS.
Pembuatan sistem informasi ini dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Metode ini dimulai dengan pengumpulan data, membuat analisa kebutuhan sistem, desain database, implementasi dan testing. Sistem informasi pendaftaran magang mahasiswa tingkat fakultas ini dibuat dengan menggunakan MySQL sebagai basis datanya, bahasa pemrograman PHP dan Framework Codeigniter.
Kata  kunci : Sistem Informasi, Registrasi, Sistem Informasi Pendaftaran Magang