;

Abstrak


Pengembangan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, dan Share (SSCS) Berbasis Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik (Penelitian Pengembangan pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun Ajar 2018/2019)


Oleh :
Tri Aska Wijayanti - S031708027 - Sekolah Pascasarjana

Model pembelajaran adalah kerangka pembelajaran yang tersusun secara sisitematik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran disusun sedemikian rupa sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung dan tersusun secara runtut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall yang dimodivikasi oleh Sukmadinata meliputi studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Tugu Jebres, SDN Mojosongo II, SDN Sabrang Lor, SDN Sanggrahan dan SDN Sibela Timur Kecamatan Jebres kota Surakarta. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data data melalui: lembar observasi, pedoman wawancara,  dan tes (pretest dan posttest) untuk menguji keefektifan penggunaan model pembelajaran menggunakan uji-t. teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan uji efektivitas dengan program SPSS versi 16.

Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran yang digunakan guru di sekolah dasar kelas IV belum membuat siswa untuk berpikir kreatif; (2) model pembelajaran SSCS berbasis PLAS ini dinilai dengan aspek komponen krikulum dengan nilai 4,86 dengan kategori sangat baik dan dari aspek materi dengan nilai 4,23 dengan kategori baik. Selain itu, berdasarkan hasil uji luas menunjukkan bahwa uji t pretest dengan nilai 49,77 dan  pretest 80,89. (3) model pembelajaran SSCS berbasis PLAS yang dikembangkan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan thitung  dan ttabel dapat diketahui bahwa thitung  > ttabel atau dengan melihat nilai probabilitas sebesar 0,003 (p < 0>dibandingkan dengan prestasi peserta didik di kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan produk yang dikembangkan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran,  Search, Solve, Crete and Share (SSCS), Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS), Berpikir Kreatif, Pembelajaran Tematik