Abstrak


Upaya peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran numbered head together (NHT) berbantu media edmodo siswa kelas X perbankan dasar SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Monica Hapsari Pambayun - K7715032 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Numbered Head Togeher dengan berbantu media edmodo pada siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pelaksanaan PTK terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan sebanyak 32 orang siswa, 8 laki-laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan validitas isi untuk pengujian data tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Tindakan dinyatakan berhasil apabila 75?ri jumlah siswa memiliki nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu > 76.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan berbantu media edmodo. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memliki nilai diatas kriteria ketuntasan minimal yaitu > 76. Pada siklus pra-tindakan hanya ada 53?ri jumlah siswa yang memiliki nilai > 76 atau hanya 17 siswa saja yang dinyatakan tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa tuntas sebesar 16% yaitu dari 53% ke 69% atau dari 17 siswa menjadi 22 siswa yang tuntas. Setelah siklus I dilaksanakan dan dilakukan perbaikan, tingkat ketuntasan yang diperoleh siswa kembali meningkat pada siklus II sebesar 15% yaitu dari 69% siswa tuntas ke 84% siswa yang tuntas atau dari 22 siswa menjadi 27 siswa yang tuntas. Peningkatan yang terjadi disebabkan oleh mulai digunakannya model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan berbantu media edmodo pada siklus I dan diadakannya perbaikan pada sistem pembagian kelompok di siklus II. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together berbantu media edmodo dapat  meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together, media edmodo, prestasi belajar