Abstrak


Analisis Fenomena Hari Raya Keagamaan terhadap Abnormal Return dan Trading Volume Activity (Studi Kasus pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016)


Oleh :
Faishal Abdillah - F1215028 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRACK


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis fenomena hari raya Idul Fitri dan Natal terhadap return saham dan tranding volume activity.

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam penelitian ini menggunakan emiten yang termasuk dalam sub sektor perusahaan menengah kebawah dan perusahaan dengan firm size besar.Pada persamaanpertama. Metode yang digunakan purposive sampling , dipilih sample berdasarkan kriteria-lriteria tertentu oleh si peneliti, salah satunya sudah harus terdaftar di BEI sejak tahun 2012 hingga 2016 dengan priode pengamatan 10 hari dengan rincian 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah hari libur keagamaan. Metode analisis yang digunakan adalah event study. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 17. Untuk uji asumsi klasik dan Eviews 9.0 untuk uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beda rata-rata abnormal return, menunjukkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return sebelum dan sesudah hari raya idul fitri (p 0.507<0>0.05). Hasil uji beda rata-rata abnormal return, menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return sebelum dan sesudah hari raya natal (p 0.073>0.05). Hasil uji beda rata-rata trading volume activity, menunjukkan bahwa secara statistic tidak terdapat perbedaan yang signifikan trading volume activity sebelum dan sesudah hari raya natal (p 0.312 <0>

Kata Kunci: return,tranding volume activity, event study,hari raya idul fitri,natal