Abstrak


Perbedaan Depresi dan Kualitas Hidup antara Wanita Menopause yang Masih Bersuami dan Janda di Kelurahan Banyuanyar, Surakarta


Oleh :
Tara Kartika Soenarto - G0113100 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Menopause merupakan fase krisis bagi wanita. Di fase ini, gangguan depresi bisa menyerang wanita menopause. Kualitas hidup juga menjadi sorotan karena masih banyak wanita yang memberikan sikap negatif terhadap fase tersebut. Perbedaan status perkawinan menjadi salah satu faktor penting dalam menyikapi depresi dan sikap negatif tersebut. Tujuan penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui apakah terdapat perbedaan depresi serta kualitas hidup antara wanita menopause yang bersuami dan janda di Kelurahan Banyuanyar, Surakarta. 

Populasi penelitian ini adalah wanita yang mengalami menopause alami minimal 1 tahun, tinggal di Kelurahan Banyuanyar, Surakarta dan berusia 50-65 tahun baik yang masih bersuami maupun yang janda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 60 orang yang terdiri dari 30 wanita menopause yang bersuami dan 30 wanita menopause yang janda. Pengumpulan data menggunakan skala  adaptasi  BDI-II  (r =0,874),  skala kualitas hidup (r =  0,865) dan data diri responden.

Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan depresi yang signifikan antara wanita menopause yang bersuami dan janda (thitung =  0,388 < ttabel> 0,05) serta tidak terdapat perbedaan kualitas hidup yang signifikan antara wanita menopause yang masih bersuami dan janda (thitung = - 0,203 < ttabel> 0,05). Hasil yang tidak signifikan ini diakibatkan adanya kovariat lain yang memengaruhi variabel depresi, seperti : pendidikan, jumlah tanggungan anak serta untuk variabel kualitas hidup, seperti : status bekerja, pendidikan, usia, jumlah tanggungan anak dan lamanya menopause.

Simpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan depresi dan kualitas hidup yang signifikan antara wanita menopause yang masih bersuami dan janda di Kelurahan Banyuanyar, Surakarta. 

Kata kunci: Depresi, Kualitas Hidup, Menopause, Janda, Bersuami