;

Abstrak


Perjuangan Kesetaraan Gender Tokoh Utama Perempuan Dalam Novel Alun Samudra Rasa Karya Ardini Pangastuti BN dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Memahami Teks Novel Berbahasa Jawa di SMA


Oleh :
Sa’adatun Nuril Hidayah - S441708005 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Ketidakadilan gender tokoh utama perempuan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn; (2) Perjuangan kesetaraan gender tokoh utama perempuan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn; (3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn; dan (4) Relevansi Novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn sebagai materi ajar memahami teks novel berbahasa Jawa pada siswa Sekolah Menengah Atas.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan feminisme. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data berupa dokumen dan informan. Sumber data dokumen adalah novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti dan informan, yang terdiri dari pengarang novel, pakar novel, guru bahasa Jawa, serta siswa. Data dalam penelitian ini berupa isi teks novel Alun Samudra Rasa yang menggambarkan gender dan feminisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi dan teknik wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Novel Alun Samudra Rasa terdapat bentuk-bentuk  ketidakadilan gender yang meliputi, stereotipe, subordinasi, kekerasan, dan beban kerja; 2) Perjuangan kesetaraan gender yang digambarkan oleh tokoh utama perempuan meliputi, kebebasan memilih bagi perempuan, peran publik dan produktif, ketegaran dalam menghadapi permasalahan hidup, dan perjuangan dalam menuntut hak-hak perempuan; 3) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Alun Samudra Rasa meliputi religius, jujur, disiplin, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan 4) Novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti relevan dengan pembelajaran memahami teks novel berbahasa Jawa di SMA dan dapat dijadikan alternatif bahan ajar. Hal ini dilihat dari segi bahasa yang digunakan, muatan nilai pendidikan karakter, dan cerita yang terdapat dalam novel Alun Samudra Rasa.

Kata kunci : feminisme, kesetaraan gender, novel bahasa Jawa, pembelajaran novel di SMA