Abstrak


Pembuatan Aplikasi Pembelajaran dan Pengenalan Jenis Serangga untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Technology Berbasis Android


Oleh :
Kristian Hendro Subroto - M3114091 - Fak. MIPA

Usia dini merupakan salah satu masa penting bagi seorang anak dalam mengembangkan bakat dan potensinya. Pada masa ini, umumnya anak-anak belajar di Pendidikan Anak Usia Dini. Didalam Pendidikan Anak Usia Dini juga di ajari untuk mengenal tentang berbagai macam hewan contohnya serangga. Anak-anak mulai diperkenalkan pembelajaran tentang berbagai macam hewan serangga seperti belalang, kepik, wangwung, lalat, nyamuk dan sebagainya. Guru mengenalkan berbagai macam serangga tersebut dengan menggunakan media buku bergambar. Buku bergambar memiliki keterbatasan, yaitu hanya menampilkan gambar dan teks. Teknologi Augmented Reality dapat dimanfaatkan sebagai media bantu pembelajaran mengenalkan berbagai macam serangga dengan menambahkan objek 3 dimensi di atas media buku tersebut.
Metode penelitian mengadopsi metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian , dan pendistribusian.
Hasil penelitian berupa aplikasi pembelajaran tentang pengenalan aneka macam serangga dalam aplikasi android. Aplikasi AR SERANGGA ini dibuat secara interaktif dengan menggunakan alat bantu marker untuk menampilkan obyek dalam bentuk 3 dimensi dan informasi yang ditampilkan agar anak usia dini tertarik atau antusias dalam kegiatan belajar mengajar yang dibuktikan dengan 60% 6 responden memberikan nilai (sangat setuju) pada Kuisioner.
Kata kunci: Augmented Reality, Serangga, Media Pembelajaran, MDLC.