Abstrak


Pengaruh Pemberian Nifedipin Terhadap Tekanan Darah Ibu Hamil pada Partus Prematurus Imminens di RSUD Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Nadya Refisari - G0016162 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Persalinan prematur terjadi 80% pada usia kehamilan 32-37 minggu. Persalinan prematur masih menjadi perhatian khusus di dunia hingga saat ini. Persalinan preterm merupakan penyebab utama kematian neonatus, penyebab ke-2 kematian balita setelah pneumonia, dan penyumbang sebagian besar tingginya Angka Kematian Bayi (AKB). Indonesia menempati posisi ke-5 dengan jumlah bayi prematur terbanyak di dunia. Nifedipin (Calcium Channel Blockers) telah banyak digunakan sebagai agen tokolisis pada terapi ancaman persalinan preterm atau Partus Prematurus Imminens. Efek nifedipin selain menurunkan kontraksi uterus, juga membuat perubahan hemodinamik pada ibu hamil yaitu meningkatkan denyut nadi dan menurunkan tekanan darah ibu hamil. Penelitian menyebutkan tekanan darah ibu hamil terjadi sedikit penurunan (sistolik dan diastolik sebesar 5 mmHg) dengan kecenderungan tidak terjadi perubahan.  Hanya 7% kasus yang mengalami hipotensi. Penurunan sedikit tekanan darah masih dapat ditoleransi pada ibu hamil normotensif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemberian nifedipin terhadap tekanan darah ibu hamil pada Partus Prematurus Imminens di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.  
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, dilakukan pada bulan Oktober – Desember 2019. Subjek penelitian diambil dari data rekam medis pasien persalinan preterm di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dalam kurun waktu Januari 2015 – Oktober 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik fixed disease sampling dan didapatkan sampel berjumlah 76 sampel. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis bivariat berupa uji t independen dan analisis multivariat berupa uji regresi linier berganda.
Hasil : Didapatkan pengaruh pemberian Nifedipin terhadap tekanan darah ibu hamil baik sistolik, diastolik, maupun Mean Arterial Pressure (MAP) yang secara statistik tidak signifikan (p ? 0,05).
 
Simpulan : Terdapat pengaruh pemberian nifedipin terhadap tekanan darah ibu hamil pada partus prematurus imminens yang secara statistik tidak signifikan baik sistolik, diastolik, maupun Mean Arterial Pressure (MAP).
 
Kata Kunci : Nifedipin, Tekanan Darah Ibu Hamil, Partus Prematurus Imminens