Abstrak


Penerapan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar senam irama pada peserta didik kelas V SDN Karangasem II Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2018/2019


Oleh :
Anita Yuzela - K4615013 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar senam irama melalui media pembelajaran audio visual pada peserta didik kelas V SDN Karangasem II Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri atas empat tahap dalam setiap siklusnya yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas V SDN Karangasem II Laweyan Surakarta yang berjumlah 37 peserta didik, terdiri dari 23 laki-laki dan 14 perempuan. Sumber  data  Penelitian  Tindakan  Kelas  ini  berasal  dari  peserta  didik, peneliti dan guru sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes secara deskriptif kualitatif dengan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar senam irama. Sesuai silabus pembelajaran untuk SD, materi senam irama sudah pernah diajarkan di kelas tersebut namun masih ada kendala yang dihadapi oleh peserta didik dalam proses  pembelajaran  senam  irama  sehingga  hasil  belajar  senam  irama selama  pembelajaran  berlangsung  masih  belum  maksimal.  Hasil  analisi yang dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar senam irama yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, peserta didik yang dinyatakan Tuntas mencapai 64,86 % atau sebanyak  24  peserta  didik.  Peningkatan  hasil  belajar  senam  irama  juga terjadi pada siklus II dengan prosentase 86,49 % atau 32 peserta didik yang masuk  kategori  Tuntas  dan  5  peserta  didik  lainnya  dinyatakan  belum Tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar senam irama pada peserta didik kelas V SDN Karangasem II Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.


Kata Kunci: hasil belajar senam irama, media pembelajaran audio visual