Abstrak


Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar lay up kanan bola basket pada siswa kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019


Oleh :
Dona Purwita Tama - K4614033 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar lay up kanan bola basket pada siswa kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran
2018/2019.


Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  ini  dilaksanakan  di  SMA  Islam  1

Surakarta, Jl. Brigadir Jendral Sudiarto No. 151, Joyosuran, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas XI IPA  yang berjumlah 19 siswa. Terdiri dari 4 siswa putra, dan 15 siswa putri. Sumber data pada pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari siswa, guru dan peneliti. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua proses, yaitu tes dan observasi. Teknik pengujian validitas data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi yang merupakan salah satu cara yang digunakan untuk peningkatan validitas data dalam penelitian. Analisis data yang didapat saat observasi setiap kegiatan dan pelaksanaan siklus PTK dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik persentase untuk melihat kemampuan setiap siswa saat kegiatan pembelajaran. Prosedur penelitian adalah langkah wajib yang harus dilalui oleh peneliti dalam menerapkan metode yang akan digunakan dalam penelitian yaitu Tahap Persiapan Survey Awal, Tahap Seleksi Informasi, Tahap Pengumpulan Data danTindakan, Tahap Analisis Data, Tahap Penyusunan Laporan.

Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan terjadi pada kondisi awal diperoleh hasil ketuntasan belajar yang kurang maksimal. Kondisi awal, pada aspek nilai kognitif 13 siswa (68%) mencapai kriteria tuntas dan  6  siswa  (32%)  belum  tuntas.  Aspek  nilai  psikomotor    11  siswa  (58%)
mencapai kriteria tuntas dan 8 siswa (42%) belum tuntas. Aspek afektif siswa

vi

 

pada data awal diperoleh hasil sebagai berikut : 1 siswa (5%) medapat kategori amat baik (A), 15 siswa (79%) mendapat kategori baik (B), 3 siswa (16%) mendapat kategori cukup (C), dan 0 siswa (0%) mendapat kategori kurang (D).

Pada akhir pembelajaran siklus I, pada aspek nilai kognitif 14 siswa (74%)

mencapai kriteria tuntas dan 5 siswa (26%) belum tuntas. Aspek nilai psikomotor

11 siswa (58%) mencapai kriteria tuntas dan 8 siswa (42%) belum tuntas. Hasil nilai belajar siklus I afektif siswa dalam materi Lay Up Kanan permainan Bola Basket kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta Tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I diperoleh hasil sebagai berikut : 5 siswa (26%) medapat kategori amat baik (A), 14 siswa (74%) mendapat kategori baik (B), 0 siswa (0%) mendapat kategori cukup (C), dan 0 siswa (0%) mendapat kategori kurang (D).

Pada akhir pembelajaran siklus II, pada aspek nilai kognitif 17 siswa (89%)

mencapai kriteria tuntas dan 2 siswa (11%) belum tuntas. Aspek nilai psikomotor

16 siswa (84%) mencapai kriteria tuntas dan 3 siswa (16%) belum tuntas. Hasil belajar siklus II nilai afektif siswa dalam materi Lay Up Kanan permainan Bola Basket kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta Tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I diperoleh hasil sebagai berikut : 6 siswa (32%) medapat kategori amat baik (A), 13 siswa (68%) mendapat kategori baik (B), 0 siswa (0%) mendapat kategori cukup (C), dan 0 siswa (0%) mendapat kategori kurang (D).

Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan  media pembelajaran  dapat meningkatkan hasil belajar lay up kanan bola basket siswa kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Lay Up Kanan Bola Basket.