Abstrak


Pengaruh Penggunaan Gliserol, Propilenglikol, dan Sorbitol Sebagai Humektan Terhadap Sifat Fisik Dan Kimia Sediaan Pasta Gigi Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.)


Oleh :
I Made Gde Mas Bayu Pramana - M3514034 - Fak. MIPA

Ekstrak daun kemangi (Ocimum basilicum L.) terbukti bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Selain ekstrak daun kemangi sebagai bahan aktif, salah satu komponen penting dalam pasta gigi adalah humektan. Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai humektan antara lain gliserol, propilenglikol, dan sorbitol. Ketiga bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda saat diaplikasikan ke dalam sediaan, baik viskositas maupun kestabilan bahannya.

Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental laboratorium dengan membuat pasta gigi dalam 3 formula dengan perbedaan humektan pada masing-masing formula. Setiap formula dilakukan pengujian yang meliputi uji sifat fisik (organoleptis, homogenitas, daya sebar dan daya lekat) serta sifat kimia (pH). Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji One Way ANOVA¬ pada program IBM SPSS Statistics 19 untuk mengetahui perbedaan sifat fisik dan kimia yang signifikan dari ketiga formula sediaan pasta gigi. Selanjutnya dilakukan analisis Post Hoc dengan metode LSD untuk mengetahui formula yang memberikan perbedaan signifikan.

Perbedaan jenis humektan (gliserol, propilenglikol, dan sorbitol) yang digunakan pada masing-masing formula memberikan pengaruh signifikan terhadap organoleptis, daya sebar, dan daya lekat sediaan pasta gigi ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum basilicum L.). Akan tetapi, tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap homogenitas dan pH sediaan pasta gigi ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum basilicum L.)