Abstrak


Perencanaan Kebutuhan Peralatan Untuk Penyiapan Laboratorium Pengujian Sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian (Studi Kasus : Laboratorium Terpilih Universitas Sebelas Maret)


Oleh :
Anita Arya Rosanti - I0315012 - Fak. Teknik

Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu perguruan tinggi yang sedang berupaya menuju status World Class University (WCU). Salah satu tujuan universitas mencapai WCU adalah memiliki fasilitas dan pendanaan yang memadai. Salah satu kriteria penilaian WCU pada perguruan tinggi adalah jumlah layanan kepada masyarakat.
Hal ini mendorong UNS untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan cara menyediakan layanan jasa pengujian yang dilakukan oleh laboratorium. UNS memiliki beberapa laboratorium yang berpotensi untuk melakukan layanan kepada masyarakat dalam bentuk layanan pengujian. Dalam rangka menjadi WCU, UNS perlu meningkatkan kualitas dari usaha layanan yang dilakukan oleh laboratorium-  laboratorium tersebut seperti memiliki fasilitas dan sumberdaya seperti mesin  atau p eralatan yang memadai. Maka dari itu diperlukan kesiapan teknologi pada laboratorium tersebut sehingga akan mendapatkan akreditasi oleh KAN dan dapat menyediakan layanan yang tersertifikasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk memenuhi SNI yang berlaku maka pengukuran tingkat kesiapan technoware yang berupa peralatan merupakan hal yang penting, sehingga penelitian ini bertujuan untuk merencanakan kebutuhan peralatan dalam upaya penyiapan laboratorium terpilih UNS  menjadi  laboratorium pengujian berdasarkan standar pengujian terkait sehingga nantinya  dapat memudahkan dalam upaya penyiapan laboratorium terpilih menjadi Lembaga penilaian  Kesesuaian.


Kata kunci: peralatan, biaya, laboratorium pengujian, SNI