Abstrak


Hubungan Masa Bekerja dengan Noise Induced Hearing Loss pada Pekerja Ground Handling Bandara Adi Sumarmo


Oleh :
Nabila Shaza - G0014171 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang : Noise Induced Hearing Loss (NIHL) ialah gangguan pendengaran yang disebabkan akibat terpajan oleh bising yang cukup keras dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya diakibatkan oleh bising lingkungan kerja. Masa bekerja menjadi salah satu faktor risiko terjadinya Noise Induced Hearing Loss (NIHL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara masa bekerja dengan Noise Induced Hearing Loss (NIHL) pada pekerja ground handling Bandara Adi Sumarmo.
Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2017 di Bandara Adi Sumarmo, Boyolali. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuestioner dan pemeriksaan audiometri. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Kolmogorov-Smirnov.
Hasil : Hasil penelitian didapatkan 49 sampel di mana pekerja ground handling dengan masa kerja lebih dari 5 tahun yang menderita NIHL sebanyak 7 orang (53,8%) dan yang tidak menderita NIHL sebanyak 6 orang (46,2 %). Pada pekerja ground handling dengan masa kerja kurang dari 5 tahun yang menderita NIHL sebanyak 1 orang (2,8%) dan yang tidak menderita sebanyak 35 orang (97,2%). Uji Kolmogorov-Smirnov didapatkan nila p= 0,014 (p<0>Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara masa bekerja dengan Noise Induced Hearing Loss (NIHL) pada pekerja ground handling Bandara Adi Sumarmo.

Kata Kunci : noise induced hearing loss, masa bekerja, pekerja ground handling