Abstrak


Gambaran Intensitas Pencahayaan Di PT. Thiess contractors indonesia jakarta head office Jakarta selatan


Oleh :
Arina Rizka Fadhilah - R0016012 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

GAMBARAN INTENSITAS PENCAHAYAAN DI PT. THIESS CONTRACTORS INDONESIA JAKARTA HEAD OFFICE JAKARTA SELATAN

Arina Rizka Fadhilah?1; Iwan Suryadi?2; Haris Setyawan?2;

Latar Belakang: Pencahayaan yang baik membutuhkan monitoring dan pengukuran pencahayaan secara berkala sebagai upaya dalam menjaga efisiensi tingkat pencahayaan di tempat kerja. Salah satu permasalahan dalam lingkungan kerja adalah pencahayaan yang kurang atau berlebih dan tidak memenuhi standar yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemeriksaan, pemeliharaan dan pengendalian intensitas pencahayaan di tempat kerja sehingga dapat baik pada efisiensi kerja.

 

Metode Penelitian: Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan memberikan gambaran intensitas pencahayaan di tempat kerja. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung, pengukuran langsung, wawancara kepada pekerja, studi pustaka.

 

Hasil: Intensitas Pencahayaan pada seluruh area kerja Perusahaan terdapat dua titik yang kurang memenuhi persyaratan standar pencahayaan Permenkes No. 48 Tahun
2017, yaitu titik 2 pada departemen Legal dengan rata-rata hasil pengukuran 293
Lux dan titik 2 departemen Mining dengan rata-rata hasil pengukuran 232 Lux.

 

Simpulan: Intensitas Pencahayaan Perusahaan telah hampir memenuhi standar namun ada beberapa area yang memerlukan perbaikan agar intensitas pencahayaan memenuhi standar peraturan. Saran yang diberikan adalah menyediakan pekerja yang memiliki keahlian sesuai dalam melakukan pengukuran intensitas pencahayaan, merubah posisi layar monitor komputer pekerja, memberi tirai jendela, serta memberi UV Protection pada kaca jendela.

 

Kata kunci: Pengukuran Intensitas Pencahayaan


1.    Program  Studi  Diploma  III  Hiperkes  dan  Keselamatan  Kerja,  Fakultas
Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
2.    Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas
Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.