Abstrak


Analisis faktor yang mempengaruhi ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat periode 1981-2017


Oleh :
Maia Aprillia - F0113060 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat pada tahun 1981-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data time series dalam bentuk tahunan dari tahun 1981-2017. Penelitian ini menggunakan model PAM (Partial Adjusment Model). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah volume eskpor kopi Indonesia ke Amerika Serikat. Sedangkan variabel independennya adalah Harga kopi Internasional, Nilai Tukar Rupiah (Kurs), Produksi Kopi Indonesia dan volume ekspor periode sebelumnya.
Hasil dari uji yang telah dilakukan, yaitu variabel harga kopi internasional, nilai tukar rupiah dan produksi kopi Indonesia tidak signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat, sedangkan volume ekspor tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat.
Peran pemerintah sangat penting dalam menjaga kestabilan nilai tukar. Pemerintah bersama produsen kopi Indonesia bekerjasama dalam menjaga harga kopi di pasar Internasional dan pemerintah bersama petani kopi dapat memperbaiki  mutu kopi serta meningkatan produksi kopi.


Kata Kunci: Volume Ekspor Kopi,harga, Nilai Tukar, Produksi, Partial Adjusment Model