Abstrak


Optimalisasi Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainanbolavoli Pada Siswa Kelas Xii Ips 3 Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Alan Wicaksono - K4613009 - Fak. KIP

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Surakartayang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 15 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan media Audio Visual untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli sehingga keterampilan passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 68,00%, sedangkan pada siklus II mencapai 84,00%.Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Hasil belajar, passing atas, passing bawah, servis bawah, dan smash bolavoli, media audio visual