;

Abstrak


Aplikasi Health Belief Model Determinan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Lansia Penderita Hipertensi di Kabupaten Ngawi Jawa Timur


Oleh :
Septian Najib Imtichan - S021708035 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang: Gaya hidup yang kurang sehat pada lansia di Indonesia menyebabkan naiknya jumlah persentasi lansia yang sakit atau yang disebut juga Morbidity Rate/angka kesakitan lansia. Angka kesakitan lansia tahun 2018 sebesar 25.99%, artinya dari 100 lansia terdapat 25 sampai 26 lansia yang sakit. Penderita Hipertensi lansia di Indonesia sebesar 45.9% untuk umur 55-64 tahun, 57.6% umur 65-74 tahun dan 63.8% untuk umur >75 tahun. Prevalensi hipertensi di Indonesia berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk umur > 18 tahun sebesar 8.4%. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku hidup sehat pada lansia penderita Hipertensi berdasarkan aplikasi Health Belief Model.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, dan dilakukan pada bulan Juni-Juli 2019. Teknik sampling yang digunakan ialah multistage random sampling, dengan menggunakan sampel 200 lansia di Kabupaten Ngawi. Variabel dependen adalah perilaku hidup bersih dan sehat. Variabel independen adalah persepsi kerentanan, persepsi keparahan, persepsi manfaat, isyarat untuk bertindak, efikasi diri, pengetahuan, sikap dan akses pelayanan kesehatan. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur.
Hasil : Perilaku hidup bersih dan sehat dipengaruhi secara langsung dan berpengaruh positif oleh efikasi diri (b= 1.51; CI 95%= 0.29 hingga 2.74; p= 0.015), sikap (b= 2.37; CI 95%= 1.17 hingga 3.56; p <0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan : Perilaku hidup bersih dan sehat lansia dipengaruhi langsung oleh persepsi kerentanan, persepsi keparahan, persepsi manfaat, isyarat untuk bertindak, efikasi diri, sikap dan akses pelayanan kesehatan. Perilaku hidup bersih dan sehat dipengaruhi secara tidak langsung oleh pengetahuan.

Kata kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Lansia, Health Belief Model, Path Analysis