Abstrak


Sistem Informasi Pendaftaran Peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta


Oleh :
Putri Marta Sari - D1516078 - Fak. ISIP

ABSTRAK

BPJS  Kesehatan  adalah  badan  hukum  publik  yang  menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional. Program jaminan kesehatan ini diwujudkan dalam bentuk Kartu Indonesia Sehat. Kepesertaan program jaminan kesehatan nasional dilakukan dengan cara mendaftar. Pengamatan ini dilakukan sebagai bahan penulisan laporan Tugas Akhir yang dimaksudkan untuk mengetahui sistem informasi pendaftaran peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN, khususnya peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta.
Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai sistem informasi pendaftaran peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta. Pengamatan dilakukan dengan metode observasi berperan dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan perekaman.
Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa sistem informasi pendaftaran peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN terdapat dua macam yaitu pendaftaran peserta baru dan pendaftaran pengguna Mobile. Pendaftaran peserta baru melalui empat tahap yaitu proses pendaftaran dengan penginputan data, pembayaran iuran, pencetakan kartu peserta oleh staff administrasi kepesertaan, pencatatan kartu peserta dengan buku register dan pendistribusian kartu peserta melalui Kantor Pos. Pendaftaran pengguna   Mobile   dilakukan   dengan   cara   registrasi   dan   verifikasi   e-mail. Hambatan yang terjadi dalam penggunaan Mobile JKN seperti tidak stabilnya jaringan internet dan belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang Mobile JKN.

Kata Kunci : Sistem, Pendaftaran, Peserta JKN-KIS, Mobile JKN.