Abstrak


Proses Penulisan Naskah Berita Pada Program Liputan 6 SCTV


Oleh :
Rr. Fransisca Krisdianutami Mawaski - D1416044 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Berita   televisi   masih   menjadi   referensi   banyak   pihak   dalam   mencari informasi. Media televisi dipilih oleh sebagian masyarakat karena lebih menarik dan jelas saat menyiarkan informasi. Kekuatan berita selain pada gambar adalah naskah.  Naskah  dibuat  untuk  melengkapi  gambar  yang  ada.  Tak  sembarang naskah dapat dibuat. Terdapat aturan dan juga prinsip penulisan di dalamnya.
Di tengah maraknya penyebaran berita bohong di tengah masyarakat kini, Liputan 6  hadir  untuk  menyajikan  berita  yang  sesuai  dengan  fakta  yang  terjadi  di lapangan. Mengusung slogan “Aktual, Tajam, Terpercaya” Liputan 6 menjadi program berita yang dijadikan sumber terpercaya oleh masyarakat.
Penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media selama kurang lebih 3 bulan di SCTV tepatnya pada divisi berita Liputan 6 sebagai scriptwriter news. Tugas yang  dilakukan  adalah  membantu  produser  Liputan  6  Siang  dalam  proses produksi berita utamanya naskah.Selain membantu dalam proses pasca produksi, penulis juga mengikuti kegiatan pembuatan berita
Dalam program  yang sukses, terdapat kerja keras tim yang profesional di dalamnya.

Kata kunci : Jurnalistik Televisi, Penulisan Naskah Televisi, Liputan 6