Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny. P Umur 31 Tahun di Puskesmas Setabelan Surakarta


Oleh :
Sri Kisma Nastiti - R0316059 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Puskesmas Setabelan, cakupan K4 91,50%, cakupan PN 100%, cakupan KN 100%. Asuhan kebidanan berkelanjutan diperlukan untuk menjamin pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi ibu.
Pelaksanaan: Asuhan kehamilan dengan kunjungan  2 kali,  asuhan persalinan dengan kunjungan 1 kali, asuhan nifas dengan kunjungan 3 kali, asuhan bayi baru lahir dengan kunjungan 3 kali, dan konseling keluarga berencana (KB) kunjungan 2 kali.
Evaluasi: Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny. P saat hamil dan persalinan mengalami anemia ringan, saat  asuhan nifas mengalami perdarahan primer et causa atonia uteri dan saat asuhan bayi baru lahir mengalami ikterik fisiologis dan batuk bukan pneumonia. Ny. P menggunakan KB MAL.
Kesimpulan dan Saran: Terdapat kesenjangan pada pelaksanaan asuhan kehamilan, persalinan dan nifas, yaitu kenaikan BB selama kehamilan, pemberian dosis tablet tambah darah, pemakaian anestesi lokal, dan penanganan perdarahan karena atonia uteri. Bagi instansi kesehatan agar memberikan fasilitas sesuai standar pelayanan kesehatan.
kata kunci: Ibu, Bayi, Asuhan Kebidanan, Terintegrasi