Abstrak


Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh dengan Kejadian Sindrom Premenstruasi pada Remaja di SMAN 2 Surakarta


Oleh :
Fauziyyah Diah Nugraheni - R1116030 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Indeks massa tubuh merupakan pengukuran berat dan tinggi badan untuk mengetahui status gizi yang dapat berpengaruh pada sindrom premenstruasi, termasuk pada siswi SMAN 2 Surakarta Tujuan untuk mengetahui hubungan antara indeks massa tubuh dengan kejadian sindrom premenstruasi pada remaja di SMAN 2 Surakarta.
    
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Besar sampel adalah 120 siswi kelas X SMAN 2 Surakarta yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data dengan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan serta kuesioner Premenstrual Syndrome Scale (PMSS). Teknik analisa data menggunakan Uji Korelasi Lambda.

Hasil: Hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000; r = 0,600. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan korelasi yang kuat dan arah korelasi positif antara indeks massa tubuh dengan kejadian sindrom premenstruasi pada remaja di SMAN 2 Surakarta.

Simpulan: Semakin tinggi indeks massa tubuh maka semakin tinggi pula angka kejadian sindrom premenstruasi.
Kata Kunci : Indeks Massa Tubuh, Sindrom Premenstruasi, Remaja