Abstrak


Hubungan Skor Kecemasan dengan Skor Dispepsia dan Skor Gerd pada Pasien Dispepsia Rawat Jalan Klinik Pratama Fatti Hastono Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Afifa Intifadha Habibatullah - G0014009 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Kecemasan merupakan masalah kejiwaan yang paling banyak diderita. Kecemasan sering dihubungkan dengan keluhan-keluhan gastrointestinal seperti dispepsia dan GERD. Beberapa studi menyatakan bahwa semakin tinggi skor kecemasan semakin parah dispepsia yang diderita pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan skor kecemasan dengan skor dispepsia dan skor GERD pada pasien dispepsia rawat jalan di Klinik Pratama Fatti Hastono.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional. Penelitian dilakukan di Bagian Rawat Jalan Klinik Pratama Fatti Hastono, Matesih, Karanganyar dengan jumlah subjek 80 pasien dispepsia rawat jalan. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebasnya adalah skor kecemasan yang diukur dengan kuisioner TMAS, sedangkan variabel terikatnya adalah skor dispepsia yang diukur dengan NDI dan skor GERD yang diukur dengan GERD-Q. Variabel luar lain yang diidentifikasi yaitu tingkat pendidikan, pekerjaan, pola makan, konsumsi rokok, konsumsi kopi, dan IMT. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji korelasi Spearman dan uji Mann-Whitney.

Hasil: Terdapat hubungan yang bermakna dan berkekuatan sedang antara skor kecemasan dengan skor dispepsia (r = 0,449 dan p < 0 xss=removed> 0,05), IMT berhubungan dengan GERD (r = 0,272 dan p <
0,05) namun tidak dengan dispepsia (p > 0,05), sementara skor dispepsia dan GERD tidak memiliki perbedaan yang bermakna pada kelompok perokok dan bukan perokok (p > 0,05).

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara skor kecemasan dengan skor dispepsia dan GERD pada pasien dispepsia rawat jalan Klinik Pratama Fatti Hastono Kabupaten Karanganyar. Semakin tinggi skor kecemasan maka semakin tinggi pula skor dispepsia dan skor GERD.

Kata Kunci: skor kecemasan, skor dispepsia, skor GERD