Abstrak


Analisis Wacana Kumpulan Geguritan Karya Aming Aminoedhin (Kajian Kohesi)


Oleh :
Anita Permadani - B0115007 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  (1)  bagaimanakah  bentuk kohesi gramatikal wacana kumpulan geguritan  karya Aming Aminoedhin?, (2) bagaimanakah bentuk kohesi leksikal wacana kumpulan karya Aming Aminoedhin? (3) bagaimanakah fungsi kohesi wacana dalam membangun tema geguritan?
Tujuan   penelitian   ini   adalah   (1)   mendeskripsikan   bentuk   kohesi gramatikal wacana kumpulan geguritan   karya Aming Aminoedhin, (2) mendeskripsikan bentuk kohesi leksikal  wacana kumpulan geguritan   karya Aming Aminoedhin (3) mendeskripsikan fungsi kohesi wacana dalam membangun tema geguritan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa   larik   (baris-baris)   geguritan   yang   di   dalamnya   terdapat   kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen yakni 16 geguritan karya Aming Aminoedhin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih dan metode padan. Adapun penyajian analisis data menggunakan metode formal dan metode informal.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil yaitu: 1) bentuk kohesi gramatikal dalam wacana geguritan ini meliputi (a) pengacuan (referensi), (b) penyulihan (subtitusi), (c) pelesapan (elipsis), (d) perangkaian (konjungsi). 2) bentuk kohesi leksikal dalam wacana ini meliputi repetisi (pengulangan), sinonimi (padan kata), antonimi (lawan kata), hiponimi (hubungan  atas  bawah),  kolokasi  (sanding  kata),  dan  ekuivalensi (kesepadanan). 3) fungsi kohesi wacana yang dominan dalam membangun tema geguritan ialah kohesi leksikal aspek kolokasi.

 

Kata-kata  kunci: Analisis  wacana,  geguritan, kohesi  gramatikal,  kohesi leksikal, fungsi kohesi