Abstrak


Produksi Minyak Angin Aromatherapy Berbahan Sereh dan Gondopuro dengan Aroma Melati dan Mawar


Oleh :
Eka Novita Sari - H3513013 - Fak. Pertanian

Produksi Minyak Angin Aromatherapy Berbahan Sereh dan Gondopuro dengan Aroma Melati dan Mawar

Eka Novita Sari H3513013

ABSTRAK

Eka Novita Sari. H3513013. PRODUKSI MINYAK ANGIN AROMATHERAPY BERBAHAN SEREH DAN GONDOPURO DENGAN AROMA MELATI DAN MAWAR. Produksi Minyak Angin Aromatherapy dilaksanakan di Sembung, RT 03/RW II, Gayamdompo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada tanggal 19 April 2016-23 Mei 2016. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Heru Irianto, M. M.
Minyak Angin Aromatherapy “So Fresh” merupakan minyak angin yang dikemas dalam botol roll on sehingga mempunyai bentuk yang simple. Minyak angin aromatherapy memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk penghayatan, terapi dan kesehatan. Bahan dasar minyak angin “So Fresh” yaitu campuran minyak esensial dari tanaman Gondopura dan Sereh dengan aroma melati dan mawar. Bahan lain yang digunakan dalam pembuatan minyak angin aromatherapy ini yaitu menthol kristal, minyak mint, camfer, dan pewarna. Proses produksi minyak angin aromatherapy ini melalui tahap yang sederhana yaitu persiapan bahan baku, pencampuran, pengadukan dan pengemasan.
Minyak angin “So Fresh” dipasarkan di daerah lingkungan kampus sekitar dengan sasaran pasarnya adalah mahasiswa dan dosen. Selain di lingkungan kampus minyak angin “So Fresh” ini juga dipasarkan di daerah tempat tinggal maupun daerah lain dengan pasar pasaran yaitu masyarakat sekitar. Analisis usaha Minyak Angin “So Fresh” dengan total produk sebanyak 60 kotak (60 botol roll on), total biaya produksi Rp 422.310,00 dan total penerimaan sebesar
Rp 480.000,00 sehingga memberikan keuntungan sebesar Rp 57.690,00 memiliki Revenue Cost Ratio (R/C) 1,14 sehingga usaha produksi minyak angin aromatherapy “So Fresh” layak untuk dikembangkan.

Kata Kunci : MINYAK ANGIN AROMATHERAPY; GONDOPURO; SEREH; AROMA MELATI; AROMA MAWAR;