Abstrak


Pengelolaan Dana Paroki Gereja Katolik Santo Paulus Kleco Surakarta dan Pemanfaatannya untuk Pemberdayaan Kesejahteraan Umat Katolik Tidak Mampu


Oleh :
Emanuella Ananda Putri - F0115027 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Gereja katolik merupakan salah satu lembaga keagamaan yang telah banyak berkontribusi aktif untuk para umatnya. Lembaga keagamaan ini biasanya bersifat nirlaba atau tidak mencari keuntungan. Walaupun sumber dana yang didapat di Gereja Santo Paulus Kleco melalui dana persembahan (kolekte) yang bersifat sukarela, namun faktanya hasil yang didapatkan mencapai pada jumlah yang tidak sedikit. Maka dari itu dibutuhkan pengelolaan dana yang baik supaya tidak terjadi penyalahgunaan dana gereja yang ada. Dana yang ada salah satunya dimanfaatkan dalam program pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu.
Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui profil Gereja Santo Paulus Kleco. Yang kedua, mengetahui pengelolaan dana melalui tahap perencanaan, penatausahaan, pemanfaat, dan pertanggung jawaban di gereja tersebut. Dan tujuan penelitian yang terakhir adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan kesejahteraan umat di Gereja Santo Paulus Kleco ini.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara kepada narasumber yang bersangkutan. Selain melalui wawancara, penelitian ini juga menggunakan data sekunder untuk memperkuat dalam penelitian ini.
Dari studi pustaka yang diperoleh, dalam agama Katolik memang sudah diajarkan utnuk berbagi kepada sesama, karena diharapkan bisa mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri. Selain itu dalam gereja Katolik memiliki struktur kepemimpinan yang terpusat, sehingga segala pengelolaan dan pemanfaatnya selalu harus bisa dipertanggungjawabkan kepada seluruh umat. Dari hasil penelitian penelitian yang didapat, sistem pengelolaan dana dan pemanfaatan untuk pemberdayaan kesejahteraan umat Katolik yang kurang mampu sudah sangat baik dan transparan
Peneliti menyarankan supaya gereja lebih memanfaatkan kemajuan teknologi lewat sarana dan prasarana yang ada untuk mendukung proses pengelolaan dana supaya lebih maksimal. Serta meningkatkan pengawasan terhadap pemanfaatan dana pemberdayaaan kesejahteraan umat supaya dipergunakan dengan benar dan selayaknya.

Kata kunci: Gereja Katolik, Pengelolaan Dana, Pemberdayaan Masyarakat.