Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Berbantuan Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa


Oleh :
Alek Ritonga - S991708001 - Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dan problem posing berbantuan augmented reality pada mata pelajaran ekonomi; 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah pada mata pelajaran ekonomi; 3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain factorial 3x2. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh SMA Negeri dan Swasta siswa kelas XI IPS di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua SMA yaitu SMA Negeri 1 Karanganyar dan SMA Negeri 2 Karanganyar. Siswa SMAN 1 Karanganyar kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen, siswa SMAN 2 Karanganyar kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, dan Siswa SMAN 2 Karanganyar kelas XI IPS 1 sebagai kelas uji coba. Teknik pengambilan data menggunakan soal bentuk uraian dan pilihan ganda dan angket motivasi belajar. Teknik  analisis data menggunakan Analisis Varian (Anava) dengan sel tak sama, sedangkan uji lanjut pasca Anava menggunakan metode scheffe.
Hasil penelitian yaitu: 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dan problem posing berbantuan augmented reality terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 5.622 dan signifikansi sebesar 0.040; 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 2.147, dan signifikansi sebesar 0.003; 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 1.025 dan signifikansi sebesar 0.005.