;

Abstrak


Peran Penting Orientasi Pasar terhadap Pencapaian Keberhasilan Akreditasi Perguruan Tinggi (Studi pada Perguruan Tinggi di Surakarta)


Oleh :
Renny Silviana Fajrin - S411708023 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan meneliti dan memaparkan peran orientasi pasar dalam penerapan manajemen kualitas proses guna meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi melalui setiap program studinya. Studi ini memperkaya penelitian mengenai pentingnya aktivitas pemasaran dalam keberhasilan implementasi manajemen kualitas Perguruan Tinggi. Responden penelitian ini adalah Kepala program studi (prodi) pada PTN maupun PTS di Surakarta yang prodinya sudah terakreditasi A atau B dari BAN PT,. Data diambil menggunakan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling.Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS. Alat uji yang digunakan adalah SEM Partial Least Square (PLS).
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) fokus kebutuhan mahasiswa nilai berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap inovasi proses, 2) Fokus kebutuhan mahasiswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perbaikan berkelanjutan, 3) Kapasitas penginderaan pembanding berpengaruh positif dan siginifikan terhadap inovasi proses, 4) Fokus kebutuhan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap harmonisasi supervisi kualitas 5) Inovasi proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap perbaikan berkelanjutan, 6) Harmonisasi supervisi kualitas berpengaruh positif dan siginifikan  terhadap perbaikan berkelanjutan, 7) Inovasi proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja program studi, 8) Perbaikan berkelanjutan berpengaruh positf dan signifikan terhadap kinerja program studi