Abstrak


Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok dalam Teks Wacana Melalui Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Peserta Didik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Pelemrejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019)


Oleh :
Muhammad Amien Prabowo - K7115108 - Fak. KIP

Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok dalam teks wacana dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran pembelajaran SQ3R yang dapat meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok dalam teks wacana pada peserta didik kelas V SD Negeri Pelemrejo, Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Menemukan ide pokok bagi peserta didik kelas V SD Negeri Pelemrejo menjadi kegiatan yang sulit. Berdasarkan hasil uji pratindakan dari peserta didik yang berjumlah 17, terdapat 2 peserta didik yang kemampuan menemukan ide pokok tergolong tinggi. Hasil pengamatan pratindakan  menunjukan langkah pembelajaran yang dilaksanakan kurang sisitematis sehingga peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran. Hasil wawancara pratindakan menunjukan peserta didik masih kesulitan membedakan kalimat utama dengan ide pokok dan guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan inovatif.
Subjek dalam penelitian terdiri dari guru dan peserta didik kelas V SD Pelemrejo yang berjumlah 17 Peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan menemukan ide pokok dalam teks wacana pada peserta didik kelas V SD Negeri Pelemrejo Boyolali tahun ajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran SQ3R. Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil ketuntasan klasikal dari pra tindakan sebesar 11.76?ngan rata-rata kelas 58.91 meningkat pada siklus I ketuntasan klasikal peserta didik menjadi 41.18?ngan rata-rata kelas 63.03. Siklus II mengalami peningkatan daripada siklus sebelumnya dengan ketuntasan klasikal 70.59?ngan rata-rata kelas 73.62. Siklus III mengalami peningkatan kembali dengan ketuntasan klasikal 82.35?ngan rata-rata 78.32. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menemukan ide pokok dalam teks wacana pada peserta didik kelas V SD Negeri Pelemrejo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R).
Kata Kunci: ide pokok, teks wacana, model pembelajaran, Survey Question Read Recite Review, SQ3R, sekolah dasar