Abstrak


Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek (Studi Kasus di Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo)


Oleh :
Handika Budi Saputra - K1212034 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian, dan kendala-kendala yang ditemui selama pembelajaran serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala dalam implementasi Kurikulum 2013, khususnya pada pembelajaran menulis teks cerita pendek di kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini antara lain, peristiwa pembelajaran menulis teks cerita pendek, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran menulis teks cerita pendek berupa RPP yang dibuat oleh guru SMA Negeri 2 Sukoharjo sebagian besar sudah sesuai dengan prinsip penyusunan RPP yang tertera dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah; (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo dilaksanakan dengan pendekatan saintifik; (3) Penilaian dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo dilakukan dengan penilaian autentik, yaitu mencakup penilaian proses dan penilaian hasil; (4) Kendala yang ditemui dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek di SMA Negeri 2 Sukoharjo, meliputi kendala guru, kendala siswa, dan kendala lainnya; (5) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut, antara lain dengan merujuk pada pedoman terbaru untuk menyusun RPP, pemilihan metode disesuaikan dengan karakteristik siswa, pemilihan sumber belajar yang menarik, dan berbagai upaya untuk mengatasi kendala lainnya.

Kata kunci: implementasi, pembelajaran, menulis, cerpen, kurikulum 2013