Abstrak


Pengaruh daya tarik siswa dan daya tanggap guru terhadap hasil belajar kognitif siswa semester gasal mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2015/2016 pada SMA Negeri 1 Cilacap (studi kasus pada siswa kelas X dan XI IPS)


Oleh :
Mochamad Akbar Syarofa Syah - K7412114 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh (1) Untuk mengetahui daya tarik siswa dalam pembelajaran kinerja belajar, (2) daya tanggap guru kinerja belajar, (3) kinerja belajar hasil belajar kognitif siswa. Metode kuantitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini. Populasinya adalah seluruh kelas X dan XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap berjumlah 176 siswa. Sampelnya berjumlah 64 siswa dan proportional stratified random sampling sebagai teknik sampling. Kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data. Model Structural Equation Modelling (SEM) digunakan pada penelitian ini. 
Hasil dari penelitian ini (1) daya  tarik siswa berpengaruh positif dan  signifikan terhadap kinerja belajar (2) daya tanggap guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja belajar (3) kinerja belajar berpengaruh positif dan  signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil ditunjukkan bahwa daya tarik siswa, daya tanggap guru mempengaruhi kinerja belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Daya tarik siswa mewakili kinerja belajar karena ketertarikan siswa yang berbeda-beda namun memiliki satu kewajiban yang sama yaitu mencapai nilai standar yang ditetapkan sekolah sehingga siswa akan tetap memperhatikan kinerja belajarnya.  Daya tanggap guru mempengaruhi kinerja belajar dalam penelitian ini mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa karena guru yang memiliki ketanggapan dan kepedulian yang sama terhadap setiap siswa akan mengetahui keadaan siswanya. Ketertarikan siswa dan daya tanggap guru mempengaruhi terjadinya kinerja belajar yang baik. Kinerja belajar yang baik mampu mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa

Kata kunci : Daya tarik siswa, Daya tanggap guru, learning performance, Hasil belajar