Abstrak


Perbaikan Rancangan Alat Penggiling dan Penipisan Adonan Karak Nasi dengan Metode Value Engineering


Oleh :
Nur Azizah Rahmadani - I0312045 - Fak. Teknik

Karak merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari nasi. Industri pembuatan karak saat ini masih menggunakan cara tradisional sehingga masih terkendala aspek produksi yaitu pada peralatan dan keseragaman kualitas. Triyono (2015) telah memperbaiki proses dan merancang alat produksi untuk proses penggilingan dan penipisan di industri karak tradisional. Rancangan alat tersebut sudah memenuhi kualitas dengan menghasilkan karak siap potong dengan geometri ketebalan karak yang seragam. Namun, alat tersebut masih memiliki kelemahan yaitu produktivitasnya masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu dapat memperbaiki rancangan alat penggiling dan penipis adonan karak agar lebih efisien dan produktif tanpa mengurangi kualitas hasil olahannya.
Penelitian dilakukan dengan mengevaluasi rancangan alat sebelumnya menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengetahui akar masalah (basic event) yang menyebabkan rendahnya produktivitas alat penggiling dan penipis karak. Dari hasil FTA, kemudian dilakukan perbaikan rancangan alat penggiling dan penipis karak menggunakan pendekatan Value Engineering dengan mempertimbangkan kinerja dan biaya.
Perbaikan yang dilakukan pada rancangan alat penggiling dan penipis karak yaitu mengganti material rangka mesin yang lebih kuat, meningkatkan kecepatan putar penggiling dan roll penipis, memperbesar ukuran penggiling dengan kapasitas yang lebih besar dan penambahan hopper, mengganti material roll yang yang tidak mudah berkarat dan tidak mudah lengket, serta pemasangan roller bearing untuk meningkatkan efisiensi transmisi.
Hasil penelitian ini berupa rancangan dan prototipe alat penggiling dan penipis karak. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, produktivitas alat yang telah dirancang dibanding dengan alat sebelumnya meningkat 56,2?n dibanding dengan proses secara manual meningkat sebesar 17,1%. Berdasarkan hasil perhitungan value dengan membandingkan performance dan biaya penggunaan alat pada rancangan alat penggiling dan penipis karak saat ini dibanding sebelumnya meningkat sebesar 61%.

Kata Kunci: Karak, Produktivitas, Fault Tree Analysis, Value Engineering.