Abstrak


Research and Development dalam Upaya Pengembangan Program “Fokus” di Indosiar


Oleh :
Pramadika Nur Ainun Oktaviani - D1416039 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan sebagai syarat kelulusan dan pembuatan Tugas Akhir guna mendapatkan gelar sebagai Ahli Madya (A.Md) bagi mahasiswa Diploma III Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Televisi merupakan salah satu media massa yang tidak asing, bahkan menjadi konsumsi harian bagi masyarakat Indonesia. Salah satu perusahan televisi swasta di Indonesia adalah PT. Indosiar Visual Mandiri atau yang sering disebut Indosiar. Indosiar merupakan perusahaan televisi swasta ke-5 yang ada di Indonesia. Indosiar merupakan sebuah perusahaan yang menjalankan usaha dalam bidang jasa media komunikasi dalam bentuk informasi, pendidikan, dan hiburan. Di antara banyaknya divisi dan departemen di Indosiar, salah satu yang memegang peranan penting adalah departemen Research and Development atau yang disingkat R&D. R&D berada di bawah naungan divisi Programming bersama dengan departemen promo dan bagian scheduling. Keberadaan R&D sangat diperlukan dikarenakan tugasnya yaitu mengembangkan program-program acara milik Indosiar yang tidak hanya sekedar menarik, namun juga disukai dan mempunyai selera tersendiri bagi penonton.
Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) di Indosiar selama tiga bulan, dan ditempatkan di departemen Research and Development. Penulis diberikan bimbingan dan arahan, sehingga mendapatkan konsentrasi untuk melakukan pengembangan pada program “FOKUS” di Indosiar.
Dari tiga bulan melakukan KKM, penulis dapat menyimpulkan  bahwa dalam satu program, tidak hanya satu divisi atau departemen yang bekerja dan memiliki peranan penting, namun hampir semua bekerja sama untuk mewujudkan satu program yang berkualitas.


Kata Kunci: program, research and development, televisi, minute by minute, indosiar